Thursday 10 November 2016

Apakah PC tidak diperlukan lagi karena adanya Labtop smartphone dan tab ?

Tags

Apakah PC tidak diperlukan lagi karena adanya Labtop smartphone dan tab ?

Kemajuan dunia teknologi sudah sangat cepat. Berbagai jenis komputer mulai diproduksi seiring meningkatnya kebutuhan konsumen. Saat ini komputer portabel seperti laptop, tablet, dan smartphone mulai menguasai pasar. Akankah hal ini mempengaruhi desktop PC yang tidak akan digunakan lagi nantinya di masa depan?
Apakah PC tidak diperlukan lagi karena adanya Labtop smartphone dan tab ?

Berdasarkan laporan Gartner dan IDC, penjualan PC mulai menurun dari 343 juta di tahun 2012 menjadi 232 juta di tahun 2016. Penjualan PC pada kuartal pertama tahun 2016 mengalami penurunan 10% dari sebelumnya. Ini dikarenakan beberapa hal yang diantaranya adalah melemahnya mata uang lokal terhadap mata uang Amerika Serikat yang membuat harga PC menaik, sehingga konsumen enggan membeli PC.

Selain itu tingginya minat konsumen pada perangkat portabel seperti laptop, tablet, dan smartphone dapat mengancam penurunan penggunaan PC. Ini dikarenakan konsumen lebih membutuhkan kemudahan dan kecepatan untuk melakukan kerjanya. Dan juga yang seperti kita tahu, saat ini hampir semua hal yang biasanya kita gunakan lewat PC kini sudah bisa kita lakukan dengan perangkat portabel tersebut.

Kedua pernyataan di atas akhirnya memicu para produsen PC untuk bersegera "hijrah" dan ikut memproduksi tablet dan smartphone. Hal ini dapat menurunkan ketertarikan PC terhadap konsumen. Terlebih kini inovasi-inovasi baru banyak muncul pada smartphone, seperti fitur keamanan, fitur perlindungan, fitur kamera, dan lain sebagainya.

Dan juga bervariasinya aplikasi di playstore pada android dan appstore pada produk apple juga menambah minat konsumen pada tablet dan smartphone tentunya. Aplikasi tersebut juga sangat dibutuhkan untuk kehidupan para konsumen. Kita bisa mengambil contoh seperti boomingnya aplikasi chat messenger seperti whatsapp, line, bbm, kakao talk dan lain-lain. Rata-rata konsumen juga lebih memprioritaskan perangkat portabel yang mudah dibawa ke mana-mana dibandingkan pemakaian PC.

Lalu apakah kita butuh PC dengan performa yang kuat? Hal ini tergantung dari kebutuhan anda. Jika anda adalah seorang penulis, apakah anda butuh sebuah PC? Tentu dengan menggunakan laptop saja, anda dapat memenuhi kebutuhan anda. Namun jika anda adalah seorang desainer profesional atau sebagai orang yang bekerja dalam bidang perfilman, maka anda membutuhkan laptop ataupun PC yang memiliki performa tinggi.

Untuk laptop, mungkin terdapat beberapa laptop yang memiliki performa kuat yang dapat dibandingkan dengan PC. Seperti laptop produksi Razer, Dell, dll. Namun laptop ini merupakan device yang dibuat khusus bagi para gamer maupun desainer. Terlebih, harganya pun juga jauh diatas rata-rata penjualan smartphone ataupun tablet.

Apakah PC tidak diperlukan lagi karena adanya Labtop smartphone dan tab ?

Jadi bagaimana menurutmu? Apakah desktop PC tidak akan digunakan lagi dengan adanya laptop, tablet, dan smartphone? Apakah beberapa pernyataan di atas membuatmu lebih yakin bahwa PC tidak akan digunakan lagi? tapi itu semua kembali kepada si pemakai, karena pemakai yang mengerti betul keperluannya. 



EmoticonEmoticon